Senin, 02 Desember 2013

Naik Taksi....Anyone?


Hello guys,comeback with me again....sebelumnya  gw mw minta maaf soal jeleknya kualitas penulisan gw pada 2 blog terakhir sebelum artikel ini.Itu dikarenakan sibuknya gw dan waktu yg amat sempit jadi gw hanya ingin mengisi kekosongan blog dgn artikel yg lama2.

Okey guys,tonight is so cold because it`s rain all over the day.Jadi untuk menghangatkan badan gw cari inspirasi untuk menulis blog bodoh ini.Setelah keluar rumah untuk beli pulsa,gw melihat sebuah Taksi yang lewat di dpn rumah gw.Nah dr situlah muncul inspirasi gw untuk nulis ttg kendaraan umum yg terbilang Upper-class ini.Setelah gw search byk informasi mengenai taksi di internet,ternyata byk informasi baru yg blm prnh gw ketahui sblm-nya.

Taksi mulai "berkarir" pd era thn 1600-an (wow).Saat itu pertama kali di New York USA.Dibeberapa negara bersalju tebal,taksi berbentuk kereta kuda byk dijumpai.Mulai tahun 1990-an Taksi mendapat byk modernisasi.Taksi umumnya adalah mobil berbentuk sedan dengan kapastias penumpang 4 orang dengan mesin rata2 1300cc-1500cc.Namun kini banyak dijumpai mobil taksi yg non-sedan,dan bahkan mobil balap dgn merk terkenal seperti lamborgini dan Ferrari.


Taksi umumnya dilengkapi pendinginn ruangan atau AC yang bisa disesuaikan dengan permintaan penumpang.Banyak juga yang dilengkapi musik MP3 atau minimal radio.Selain musik,beberapa armada taksi kini dilengkapi dengan fasilitas baru seperti Televisi yang menempel dibelakang kursi supir,namun kurag efektif karena mengandalkan sinyal yang kadang ada kadang tidak (keseringan sih engga).Proses pembayaran di setiap taksi rata2 sama,yakni berdasarkan Argometer.Meteran biaya ini digunakan untuk menentukan tarif berdasarkan jarak tempuh yg di lewati taksi yg kita tumpangi.Biasanya setiap taksi memiliki tarif pembuka di Argometer saat penumpang naik ke taksi tersebut.Pembayaran ongkos dapat dilakukan dengan uang tunai/cash,namun seiring kecanggihan zaman,tarif taksi dapat dibayar menggunakan debit,meskipun baru beberapa taksi yang memiliki kemampuan ini.

Taksi di Indonesia berbahan bakar gas.Namun karena sulitnya akses ke SPBE terdekat,umumya di Pool taksi,sudah tersedia pompa gas yg buka khusus untuk para armada taksi tersebut.Soal supir,biasanya akan ada standar untuk melamar menjadi supir taksi.Hal utama seorang supir adalah,menguasai daerah trayek taksi.Meskipun dewasa ini,byk bgt gw temuin,supir taksi yg buta jalan kyk gw (tapi gw bukan supir taksi,jd no problem).Supir taksi umumnya memiliki SIM A Umum sebagai surat pengemudi mereka.

Taksi juga memiliki sebuah kelebihan yg tidak dimiliki oleh kendaraan umum lainnya,yakni layanan pemesanan lewat pesawat telepon.Taksi memiliki semacam alat receiver disamping argometer untuk menerima panggilan dari operator tentang adanya pemesanan taksi.Selanjutnya si sopir tinggal mengikuti arahan operator mengenai lokasi dan nama pemesan tentunya.Namun biasanya setau gw,yg namanya pesen taksi,kita akan dikenakan biaya tambahan,begitu juga jika kita melakukan pembatalan,akan dikenakan denda juga.

Nah dibenak teman2 pasti hanya terbayag,jika kata kata "Taksi" terdengar,yang ada di benak kita adalah sebuah mobil sedan yanng nyaman untuk ditumpangi,tapi harganya mahal.Namun ternyata istilah itu saat ini bisa ditangkis.Karena telah hadir di Indonesia inovasi taksi yakni Taksi Motor!

Taksi Motor memang masih jarang ditemui di jalan ibukota,namun di beberapa daerah sudah ditemukan.Taksi motor hingga saat ini tak jauh berbeda dengan ojek.Namun jika pada jek terjadi perang mulut antara calon penumpang dengan si tukang ojek bau ketek,nah di Taksi motor,yg namanya tawar2an dh gk ada lagi.Karena namanya saja Taksi,pasti ada argonya dong!

Nah itu adalah profil si taksi,dan sekarang gw mw lanjut tidur ehhh mksd gw mw kasih tips atau saran untuk naik taksi bagi para pembaca

Tips naik taksi versi Extreme Enigma:
1.Usahakan naik taksi yang anda berhentikan,jgn naik taksi yang terkesan "menawarkan diri" pada anda
2.Saat didalam taksi,perhatikan nomor taksi dan kartu identitas supirnya.Perhatikan apakah foto yang tertera di kartu sama dengan wajah si supir tesebut.Sering gw temui (umumnya taksi abal2) taksi yang berbeda kartu dengan supirnya.Dan juga perhatikan tanggal masa berlaku kartu tersebut.Bila menemui sesuatu yang janggal,catat nomor taksi tersebut
3.Jika anda berbelanja,pilihlah pusat perbelanjaan yang menyediakan layanan pemesanan taksi.Anda juga harus mengantongi nomor armada taksi favorit anda untuk berjaga jaga
4.Untuk yang wanita,usahakan jangan berpakaian terlalu ketat.Supir juga manusia,punya nafsu yg bisa terpancing dgn ke-seksian tubuh anda.Jadi berhati hatilah.Juga disarankan tidak menggunakan perhiasan yg terlalu berlebihan.
5.Berdoalah sebelum memulai perjalanan.Minta perlindungan Tuhan,karena nasib anda saat ada ditaksi,berada ditangan supir

Nah itu dia artikel singkat tentang taksi,tx for Reading,Say no to Drugs,and Keep Extreme and live for the moment with me Jeff Hardy!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar